Monday 23 October 2017

Sawah Terasering Tegalalang Ubud

wisataunikbali.com
Sawah Terasering Ubud
Ubud- Pesona alam Bali memang tidak usah diragukan lagi, keindahan pantai, air terjun, bukit dan objek wisata alami maupun objek wisata yng sengaja dibuat sebagai penunjang objek wisata alam yang ada di Bali. 

Dahulu sebelum Bali di serbu oleh modernisasi dan pesatnya industri pariwisata, alam Bali masih sangat natural dengan adanya hamparan sawah yang begitu luas. Maklum saja kalau dulu mata pencaharian sebagian besar masyarakat Bali adalah sebagai petani. 

Semakin lama eksistensi lahan persawahan semakin berkurang, dengan ditanamnya beton-beton sebagai penyangga perekonomian di Bali seiring pesatnya perkembangan dunia pariwisata. 


Tetapi jangan khawatir, lahan persawahan masih tetap dipertahankan sebagai penunjang kebutuhan masyarakat Bali dalam memenuhi kebutuhan pokoknya terhadap pangan. 

Seperti kata pepatah di bawah ini:
"Sambil menyelam minum air"
Lah... apa kaitannya antara lahan persawahan dengan pepatah di atas?

Tentu ada..

Di Desa Tegalalang Ubud, lahan persawahan tetap dijaga kelestariannya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat setempat dan juga dimanfaatkan sebagai objek wisata alam. Objek wisata ini sudah terkenal ke manca negara lho.. 

Wisatawan yang berkunjung ke Bali, banyak yang memasukan objek wisata terasering tegalalang ini dalam list liburan mereka, bahkan Barrack Obama sendiri ke datang ke Bali ingin menikmati keindahan dan kesegaran alam di objek wisata ini. keren ga bro?

Sama seperti Desa Jatiluwih, di Desa Tegalalang Ubud ini juga memakai sistem pengairan subak, karena memang sistem subak berlaku untuk pengairan sawah-sawah yang ada di Bali. Struktur persawahannya juga berbentuk terasering atau berundak agar memudahkan sistem pengairannya. 




wisataunikbali.com
Anjungan di Desa Tegalalang 

Populernya objek wisata alam di Ubud ini, membuat para investor beramai-ramai membangun sarana penunjang objek wisata seperti hotel, penginapan dan restoran. Ada ide kreatif lain sebagai penyalur hobi dari wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan hamparan sawah yang berundak adalah dibangunnya anjungan sebagai tempat spot-spot untuk berfoto seperti foto di atas. 

Siapa coba yang tidak mau mengabadikan moment indah saat berkunjung ke objek wisata yang begitu populer di Bali bahkan di manca negara? kebetulan di Bali sedang getol-getolnya dibangun tempat-tempat untuk berselfie ria untuk pengunjung.

Lokasi Desa Tegalalang

Objek wisata ini berjarak kurang lebih 20 menit dari Ubud dan berjarak sekitar 1 hingga 1,5 jam dari Kota Denpasar. 

Bagaimana? penasaran ingin mengunjungi dan melihat keindahan pemandangan sawah di Desa Tegalalang? disarankan agar mengunjungi objek wisata ini pada sore hari agar terik mentari berkurang dan tidak mengurangi rasa nyaman kamu saat berada di objek wisata ini. 

Namun jika kamu masih belum mengetahui lokasi objek wisata ini, kamu dapat menggunakan peta di bawah ini sebagai bantuan dalam mencarinya. 

Happy travelling guys.. ☺




EmoticonEmoticon