Wednesday 3 January 2018

Pura Goa Lawah- Pura unik di goa kelelawar

Wisata Unik Bali.com
Pura Goa Lawah Klungkung Bali

Pura Goa Lawah Klungkung Bali- Bali menyimpan beragam pesona dan keunikan. Kita juga belum sangat paham betul apa maksud dari leluhur Bali mendesign Bali dengan sedemikian rupa dari adat, budaya, kesenian, dan tempat-tempat religi yang berada di Bali. 

Berbicara masalah keunikan, banyak tempat wisata di bali yang unik seperti:


Salah satu pura Sad Khayanga memiliki keunikan yaitu tempat hidup dan berkembangnya ribuan kelelawar, pura tersebut bernama Pura Goa Lawah. Goa artinya gua dan lawah artinya kelelawar. Pura atau pelinggih yang dibangun di mulut gua yang berisi ribuan kelelawar sebagai tempat pemujaan terhadap manifestasi Tuhan sebagai penguasa laut. 

Suasana alam dapat kamu rasakan dengan mendengar suara-suara kelelawar yang berada di sana. Umat Hindu Bali banyak yang berkunjung ke sana untuk melaksanakan persembahyangan, namun pura tersebut juga dibuka untuk umum sebagai objek wisata unggulan di Kabupaten Klungkung. Wisatawan domestik dan wisatawan asing juga banyak yang berkunjung ke sana, namun untuk memasuki areal pura, pengunjung wajib mengenakan kamen atau sarung beserta selendang, ada larangan memasuki kawasan suci bagi perempuan yang sedang datang bulan. 

Konon di dalam Goa tersebut selain dihuni oleh ribuan kelelawar, juga dihuni oleh sepasang ular besar yang menjaga Goa tersebut. Sepasang ular ini katanya adalah Ular Jantan dan Ular betina. Pernah dulu ada ‘Jero Mangku’ (Orang suci yang memimpin jalannya upacara) bertemu dengan kedua ular tersebut saat melakukan persembahyangan di pura goa lawah ini.



Wisata Unik Bali.com
Ribuan kelelawar di Pura Goa Lawah


Dekat dengan Pura Goa Lawah terdapat pantai yang indah, tersedia juga warung-warung untuk sekedar bersantai di areal parkir pura setelah mereka melakukan atau sebelum mereka melakukan persembahyangan di Pura Goa Lawah. 

Lokasi Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah terdapat di Jl. Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jarak yang cukup dekat dari Kota Denpasar dengan jarak tempuh sekitar 34 kilometer atau memakan waktu kurang dari 1 jam perjalanan jika ditempuh melalui Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pura Goa Lawah, silahkan lihat peta di bawah ini sebagai penunjuk arah menuju ke sana. Happy Travelling.. ☺








2 komentar


EmoticonEmoticon