Tuesday 17 April 2018

Pura Ponjok Batu, keunikan perahu di atas batu

wisataunikbali.com
Perahu diatas batu
Pura Ponjok Batu- Ketika kamu berlibur ke Bali dan memiliki list liburan ke Kabupaten Buleleng, sempatkan untuk mengunjungi salah satu tempat unik yang berada di Bali Utara.

Bak cerita Rakyat lainnya yang mengisahkan tentang asal muasal dari sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat yang bernama Gunung Tangkuban Perahu. Asal usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.



wisataunikbali.com


Di Bali Utara juga memiliki tempat unik tentang adanya perahu di atas sebuah batu. Belum ada bukti yang cukup untuk mengungkap mengapa terdapat sebuah perahu batu yang berada diatas batu karang yang kokoh serta berada ditengah laut. 

Pura Ponjok Batu merupakan salah satu Pura Dang Kahyangan Jagat yang memiliki makna Tanjung Batu atau semenanjung yang artinya daratan yang menjorok ke laut. 



wisataunikbali.com
Pelinggih Pura Ponjok Batu

Bahan bangunan Pura Ponjok Batu ini didominasi oleh batu menambah keunikan dari pura ini. Lingkungan Pura Ponjok Batu Bali terletak kurang lebih 24 km di sebelah timur singaraja, terletak di Desa Alassari, pantai utara pulau Bali, termasuk wilayah Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Dari depan keindahan lingkungan Pura Ponjok Batu yang di batasi jalan raya menuju Amlapura terlihat pemandangan laut Jawa yang terbentang luas yang dapat menimbulkan ketenangan jiwa dan menumbuhkan inspirasi bagi para wisatawan.

Jarak Pura Ponjok Batu dengan Bandara International Ngurah Rai Jimbaran lumayan Jauh, yaitu ± 150 km dengan memakan waktu sekitar ± 240 menit perjalanan. Wisatawan Mancanegara lebih memilih menyewa Rent Car untuk menuju objek wisata spiritual Bali tersebut karena jarak yang ditempuh lumayan jauh.


Jika kamu masih belum mengetahui lokasinya, kamu dapat gunakan peta di bawah ini sebagai penunjuk arahnya.






2 komentar

cukup unik dan juga interisting

Iya mas, kalau misal masnya ada waktu untuk berlibur ke Bali, bisa mas kunjungi Pura Ponjok Batu ini


EmoticonEmoticon