Tuesday 29 August 2017

Tirta Gangga- Royal Water Garden

Royal Water Garden Karangasem Bali
Tirta Gangga Karangasem Bali

Taman air Tirta Gangga

Tirta Gangga- Sebuah taman yang sengaja dibangun oleh Raja Karangasem ini memang sekilas menyerupai Taman Ujung dimana sama-sama menggunakan tema tentang kolam besar tetapi yang membedakannya adalah Tirta Gangga ini adalah berfokus sebagai taman air untuk tempat peristirahatan sang raja. 

Jaman kerajaan sudah tidak ada lagi di Bali, sehingga taman air yang dulunya berfungsi sebagai taman kerajaan kini dialih fungsikan menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Karangasem Bali.

Kata Tirta dan Gangga rasanya sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sudah mengenal Bali dan juga India ( berhubungan dengan penyebaran Hindu), Tirta artinya air dan Gangga sendiri adalah salah satu sungai yang berada di India. Sungai gangga di India dianggap sebagai sungai suci, terkait dengan penamaan taman air tersebut dengan sumber air yang berasal dari mata air Rijasa, Raja Karangasem berasumsi bahwa mata air Rijasa sama sucinya dengan air di Sungai Gangga. 

Luas Tirta Gangga sekitar 1,2 hektar membentang dari timur ke barat dan dibangun ditengah areal persawahan yang luas, hal tersebut mendukung konsep Tirta Gangga sebagai taman dengan nuansa hijau sehingga dapat memberi rasa tenang dan teduh ketika berada di Tirta Gangga. 

Secara umum terdapat dua kolam di Tirta Gangga, yaitu kolam bagian bawah adalah tempat pemandian untuk anak-anak, disamping itu juga terdapat kolam ikan. Kolam ikan ini biasanya lebih sering digunakan sebagai lokasi foto bagi wisatawan yang berkunjung ke Tirta Gangga ini, wisatawan yang lebih sering berkunjung adalah wisatawan asing dibandingkan dengan wisatawan domestik. di tengah kolam ikan terdapat tempat-tempat untuk berjalan setapak yang terpisah untuk melintasi kolam,. Dibagian atas terdapat kolamm yang lebih dalam lagi, diperuntukkan untuk orang-orang dewasa karena kedalaman kolam sekitar 2 meter.  



Banyak wisatawan yang tak mau ketinggalan untuk mandi dikolam dan merasakan kesejukan serta jernihnya air di kolam. Bagi wisatawan yang tidak mandi, mereka bisa bersantai bersama keluarga atau mungkin dengan pasangan terkasihnya sambil menikmati keindahan taman dan alam sekitarnya. 

Sensasi mandi di kolam renang Tirta Gangga sama ketika kamu mandi di kolam pemandian Air Sanih Singaraja karena airnya berasal dari sumber mata air yang sejuk dan segar, tidak ada zat klorin sebagai penjernih airnya, terutama bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu wisatawan yang berasal dari Jawa Timur kebetulan berkunjung ke Bali dan menginap di salah satu hotel bintang lima di Jimbaran menanyakan lokasi taman air yang dia lihat dari sebuah foto, dia ingin sekali mengunjungi tempat tersebut bersama keluarganya, menunjukkan betapa menariknya Tirta Gangga tersebut sehingga menjadi salah satu list liburannya saat ke Bali. 

Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali bagian Timur. Kalau kamu menuju Tirta Gangga dari Kota Denpasar, maka waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 2 jam. Jika kamu berangkat dari Kota Singaraja, waktu tempuhnya lebih lama lagi satu jam, yaitu memakan waktu tempuh selama 3 jam menuju Tirta Gangga. 

Bagi kamu yang berminat untuk mengunjungi objek wisata Tirta Gangga, namun kamu belum mengetahui lokasinya dengan tepat, mungkin peta di bawah ini dapat membantu kamu sebagai penjuk jalan menuju ke Tirta Gangga. Tetapi jika kamu masih belum menemukan juga, disarankan agar kamu menyewa jasa tour guide untuk menunjukkan lokasi yang tepat. 

Happy Travelling guys... ☺


EmoticonEmoticon